Minggu, 24 Agustus 2014

Contoh Laporan Hasil dan Strukturnya tentang Lingkungan

Sekolah
1.      Sekolah merupakan lingkungan baru bagi anak. Tempat bertemunya ratusan anak dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda, baik status sosial maupun agamanya. Di sekolah inilah anak akan terwarnai oleh berbagai corak pendidikan, kepribadian dan kebiasaan, yang dibawa masing-masing anak dari lingkungan dan kondisi rumah tangga yang berbeda.
2.      Seorang pengajar adalah merupakan figur dan tokoh yang menjadi panutan anak-anak dalam mengambil semua nilai dan pemikiran memilah antara yang baik dengan yang buruk. Karena anak-anak memandang, guru adalah sosok yang disanjung, didengar, dan ditiru, sehingga pengaruh guru sangat besar terhadap kepribadian dan pemikiran anak. Oleh sebab itu, seorang pengajar harus membekali diri dengan ilmu dîn (agama) yang Shahîh sesuai dengan pemahaman Salafush-Shalih dan akhlak yang mulia, serta rasa sayang kepada anak didik.
3.      McDonald mengemukakan sebagai berikut “Sekolah adalah lingkungan yang khusus untuk mengubah tingkah laku secara menetap dalam hubungan dengan seluruh perkembangan pribadinya sebagai masyarakat.”
4.      Seorang pendidik sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian seorang anak. pendidik yang memberikan pandangan hidup yang keliru terhadap anak akan memberikan dampak atau pengaruh buruk terhadap perkembangan kepribadian anak tersebut.
  
Hasil Analisis Struktur Teks Laporan
Pernyataan umum
Sekolah merupakan lingkungan baru dan tempat bertemunya ratusan anak dari kalangan yang berbeda. Di sekolah inilah anak akan terwarnai berbagai corak pendidikan, kepribadian dan kebiasaan, yang dibawa masing-masing anak dari lingkungan yang berbeda.
Aspek yang dilaporkan
Seorang pengajar merupakan panutan anak-anak dalam mengambil pemikiran memilah antara yang baik dengan yang buruk, karena anak-anak memandang guru adalah sosok yang disanjung, didengar dan ditiru, sehingga pengaruh guru sangat besar terhadap kepribadian anak. Oleh sebab itu, seorang pengajar harus membekali diri dengan ilmu agama, akhlak yang mulia, serta rasa sayang kepada anak didik.
Aspek yang dilaporkan
McDonald mengemukakan sebagai berikut “Sekolah adalah lingkungan untuk mengubah tingkah laku secara menetap dalam hubungan dengan seluruh perkembangan pribadinya sebagai masyarakat.”
Aspek yang dilaporkan
Seorang pendidik sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian seorang anak. Pendidik yang memberikan pandangan keliru terhadap anak akan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan anak tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar